Categories
Plastic Surgery

Alarplasty Solusi untuk Rampingkan Cuping Hidung

Bentuk hidung yang dimiliki setiap individu tentunya berbeda. Ada yang memiliki bentuk hidung besar, ramping, lancip, mungil, dan lainnya. Hidung yang merupakan bagian dari wajah tentu menajdi salah satu pusat perhatian orang-orang yang ada di sekitar. Hal ini tak langsung akan berpengaruh pada penampilan serta rasa percaya diri dari seseorang sehingga tak heran bila sebagian orang mengeluhkan bentuk hidungnya yang kurang proporsional ataupun tampak kurang menarik. Salah satunya bentuk hidung dengan cuping melebar ke samping yang menimbulkan kesan hidung tampak besar dan kurang mancung.

Keluhan yang Mendorong untuk Lakukan Tindakan Alarplasty

Beberapa alasan mengapa orang dengan cuping hidung lebar memiliki keluhan antara lain:

  • Ujung pada hidung tampak besar dan tumpul.
  • Batang hidung menjadi terlihat lebih datar dan terkesan pendek.
  • Lubang pada hidung tampak lebih besar.
  • Lemak serta kulit pada cuping hidungnya tebal.
  • Bentuk hidung secara menyeluruh terlihat kurang proporsional dan indah.

Seiring dengan perkembangan teknologi pada dunia kosmetik dan estetik, saat ini telah tersedia suatu prosedur operasi untuk mengecilkan ataupun merampingkan cuping hidung yang dikenal dengan alarplasty. Prosedur atau tindakan operasi ini tidaklah mengubah bentuk, ketinggian batang, serta ukuran hidung melainkan hanya untuk memperbaiki bagian cuping hidung saja. Bagi pemilik cuping hidung yang lebar dan besar diharapkan bisa mendapatkan bentuk cuping yang lebih ramping dan kecil sehingga tampak lebih proporsional dan cantik.

Bagaimana Prosedur Alarplasty?

Dalam prosedur alarplasty atau pengecilan cuping hidung akan dibutuhkan tindakan penyuntikan cairan anastesi untuk mendapatkan bius lokal pada area cuping hidung di bagian kanan serta kiri. Proses insisi untuk membuang cuping hidung tersebut tentu disesuaikan dengan bentuk serta tinggi hidung. Selanjutnya dibuat sayatan pada bagian dalam atau luar cuping hidung baik yang kanan ataupun kiri. Kebanyakan dokter melakukan sayatan pada lipatan cuping hingga ke bagian dalam hidung untuk mengurangi penampakan bekas sayatan. Setelah dibuat sayatan maka dokter akan melakukan pengurangan sebagian area duping yang terlihat berlebih. Terakhir, sayatan dijahit.

Proses Penyembuhan Pasca Operasi Alarplasty

Tindakan operasi ataupun pembedahan sekecil apapun pastinya akan membutuhkan proses penyembuhan. Pada tindakan alarplasty, pasien biasanya akan mengalami pembengkakan pada area yang dioperasi selama tiga hari. Setelah hari ketiga, biasanya bengkak akan berangsur berkurang dan menghilang. Sedangkan untuk jahitan pada sayatan akan dibuka pada hari ketujuh pasca operasi. Sebelum jahitan dibuka, bekas sayatan hendaknya tidak terkena basah supaya proses penyembuhan bisa segera kering. Setelah jahitan pada sayatan dilepas maka dokter akan memberikan terapi salep antikeloid untuk menghilangkan bekas luka operasi secara maksimal.

Tindakan alarplasty untuk merampingkan cuping hidung biasanya ditujukan untuk menunjang penampilan supaya lebih percaya diri. Tindakan ini tidak mengubah bentuk ataupun struktur hidung secara menyeluruh melainkan hanya memperbaiki bentuk area cuping hidung saja. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal biasanya tindakan alarplasty tersebut dikombinasikan dengan prosedur lain sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk memilih klinik ataupun dokter bedah kecantikan profesional dan berpengalaman untuk mendapatkan hasil terbaik.